Pengusutan Kasus Penyimpangan Dana desa di Kudus Tunggu Audit BPK

Sinaralampos.com – Aparat Kepolisian Resor Kudus, Jawa Tengah, menargetkan penanganan dua kasus dugaan penyimpangan penggunaan dana desa di dua desa di Kabupaten Kudus bisa tuntas tahun 2021, kata Kasat Reskrim Polres Kudus AKP Agustinus David. “Kedua kasus dugaan penyimpangan dana desa tersebut, saat ini masih tahap penyidikan,

” ujarnya di Kudus, Senin. Polisi juga sudah memintai keterangan sejumlah saksi terkait kasus di dua desa yang ada di Kecamatan Dawe tersebut. Selain itu, Polisi juga masih harus mengetahui potensi kerugian negaranya atas kasus yang tengah ditanganinya itu dengan menggandeng BPK untuk dilakukan audit guna mengetahui ada tidaknya jumlah kerugian atas dugaan penyimpangan dana desa di dua desa tersebut. Kepala Inspektorat Adhi Hardjono membenarkan bahwa di Kabupaten Kudus memang ada dua kasus dugaan penyelewengan dana desa yang saat ini ditangani kepolisian.

Sebelumnya, Pemkab Kudus melalui Inspektorat juga sudah berupaya menyelesaikannya. Akan tetapi, sejumlah rekomendasi yang diberikan kepada mantan kepala desa di dua desa yang diduga terjadi kasus penyalahgunaan dana desa tidak ditindaklanjuti. “Karena kami sudah memberikan batasan waktu sebelum kasus-nya ditangani aparat penegak hukum. Misal, jika memang ada kelebihan pembayaran, maka uang-nya bisa segera dikembalikan,

” ujarnya. Ternyata, kata dia, hingga tenggat waktu yang ditetapkan belum juga diselesaikan rekomendasi yang diberikan. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kudus Adi Sadhono Murwanto mengakui kasus dana desa yang terjadi di Desa Lawu dan Tergo memang ditemukan beberapa tahun yang lalu, sedangkan kepala desanya saat ini sudah tidak menjabat lagi.

“Kami juga sudah memfasilitasi agar pihak-pihak yang diduga terkait untuk menyelesaikannya. Tugas kami sebatas ketertiban administrasi, sedangkan pengawasan ditangani Inspektorat Kudus termasuk untuk langkah-langkah penyelesaiannya,” ujarnya.

( Yasin / Red )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *