Pembukaan ( MNCN ) siaran digital 4 TV PT Media Nusantara Citra Tbk

SINARALAMPOS.COM-Jakarta,Hari ini 4 stasiun televisi milik PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN), yaitu RCTI, MNCTV, GTV, dan iNews resmi bersiaran digital di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIGITAl)

“Mulai hari ini, 4 TV MNCN, yaitu RCTI, MNCTV, GTV dan iNews siaran digital di DIY,” kata Corporate Secretary Director MNC Group Syafril Nasution, Minggu (10/1/2021).

Adapun, siaran digital 4 TV PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) tersebut, menyusul langkah Lembaga penyiaran swasta (LPS) yang mulai mengebut persiapan migrasi siaran dari analog ke digital (analog switch-off/ASO), dengan melakukan uji coba di 12 provinsi di seluruh Indonesia.Setelah itu, uji coba diperluas ke Yogyakarta mulai hari ini.

Selanjutnya, ke Kepulauan Riau, termasuk Batam, dan ke sembilan provinsi lainnya.

Adapun, untuk sembilan provinsi lain masih membutuhkan waktu, karena membutuhkan perangkat yang sudah dipesan lebih dahulu.

Sebelumnya, Syafril yang juga Ketua Umum Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI) ini mengungkapkan sejumlah LPS dan afiliasinya yang merupakan anggota ATVSI juga telah memulai peralihan siaran. Trans Group, Viva Group, Emtek Group dan Media Group sudah memulai siaran digital di sejumlah titik.

Syafril mengatakan para anggota berkomitmen untuk mendukung program ASO, diharapkan sebelum 2 November 2022 sudah berjalan. Salah satu wujud dukungan yang diberikan oleh ATVSI adalah uji coba siaran digital dan simulcast di 12 provinsi.

Sekadar catatan, dalam mendorong percepatan siaran digital, Kemenkominfo membagikan secara gratis sekitar 6,7 juta set top box kepada keluarga miskin. Sebagai bagian dari peta jalan untuk mencapai target ASO nasional pada 2022, bahkan telah membuat gugus tugas migrasi TV analog ke digital.

Saat ini, sebanyak 12 provinsi di Indonesia telah siap untuk migrasi analog ke digital.

Baca :  Lagi, Lamongan Inovasikan ODO, Bupati: Mampu Memberikan Kepastian Pelayanan Darah dan Dapat Melayani Secara Non-stop 24 Jam

Kemenkominfo menargetkan sekitar Juni atau Juli 2021 semua infrastruktur digital telah siap di 34 provinsi, sehingga target ASO nasional dapat terpenuhi.

( SAP / RED )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *