Gersik,Tersumbat Material Proyek Ini Akibatnya Banjir Besar

Sinaralampos.com-Tiga desa di Kecamatan Duduksampeyan, Gresik tergenang banjir akibat tersumbatnya material proyek jembatan di Desa Petisbenem sehingga aliran air tidak bisa mengalir ke anak sungai Bengawan Solo. Akibat kejadian tersebut, tiga desa yakni Desa Kemudi, Desa Kramat dan Wadak Lor tergenang banjir 10 hingga 30 centimeter.

Selain menggenangi rumah warga di tiga desa tersebut. Banjir itu juga menggenai areal tambak ikan dan udang hingga ratusan hektar.

Berdasarkan catatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gresik. Rumah warga yang paling parah tergenang banjir yakni Desa Kemudi. Di desa ini ada 62 rumah warga tergenang air 10 sampai 20 centimeter.Jalan di desa tersebut juga tergenang air sampai 350 meter.

“Permasalahan banjir ini kami sudah berkordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) untuk segera memperbaiki aliran anak sungai Kali Lamang yang tersumbat proyek material perbaikan jembatan,” ujarnya, Jumat (15/01/2021).

Tarso Soegito menjelaskan disamping tersumbat material proyek jembatan. Luapan banjir ini juga akibat air sungai yang berasal dari Glagah Lamongan tidak bisa membuang ke laut. “Informasi yang sudah masuk air yang menggenangi tiga desa sudah mulai surut. Hal ini karena air laut juga surut,” paparnya.

Sementara itu, secara terpisah 205 rumah di Kecamatan Cerme masih tergenang banjir meluapnya Kali Lamong.

Camat Cerme, Suyono, mengatakan banjir yang melanda desa di wilayah Kecamatan Cerme disebabkan oleh luapan dari Kali Lamong dan curah hujan tinggi. “Hari ini sudah mulai surut dan tinggal menyisakan dua desa yang terdampak. Desa Tambak Beras dan Banjarsari,” ujarnya.

Di desa Tambak Beras sebanyak 100 rumah tergenang air. Kemudian 400 hektar tambak terendam banjir. Jalan poros desa sepanjang 2.000 meter terendam air dengan ketinggian 25 centimeter. Sementara di Desa Banjarsari. Banjir menggenangi sawah seluas 7 hektare dan tambak 265 hektare.

Baca :  Ibu Ini Meninggal Dunia di Hadapan Suaminya Setelah Ditabrak Truk

( Basori / Red )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *