Empat ( 4 ) Sekdes Ditarik Kekantor Kecamatan

Sebanyak empat sekretaris desa (Sekdes) yang berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) di wilayah Kecamatan Cluring, ditarik ke kantor camat setempat, kemarin (15/1). Penugasan itu, dilakukan bedasarkan Surat Keputusan (SK) Bupati Banyuwangi melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Banyuwangi.

Keempat sekdes berstatus ASN yang ditarik ke kantor camat itu berasal dari Desa Sarimulyo, Kaliploso, Sraten, dan Sembulung. Sejak turun SK baru itu, mereka bertugas di kantor kecamatan. “Seluruh ASN yang menjabat sekdes, kini bertugas di kantor camat. Mereka ditarik ke kantor camat bukan karena ada masalah,” cetus Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Cluirng, Titik Handayani.

Sebelum empat sekdes itu, terang dia, Sekdes Tampo Imam Rofii yang juga berstatus ASN, juga ditarik ke kantor kecamatan. “Semua sekdes yang berstatus ASN, telah ditarik ke kantor kecamatan,” terangnya.

Kekosongan posisi sekdes di empat desa yang ditarik ke kantor camat itu, jelas dia, selanjutnya akan diisi oleh perangkat desa baru yang ditetapkan oleh pemerintah desa. “Kami minta pemerintah desa segera mengisi kekosongan kursi sekdes secepat mungkin,” pintanya.

Untuk pengganti sekdes yang ditarik itu, lanjut dia, pemerintah desa bisa menunjuk perangkat desa atau kepala urusan (kaur) yang sudah mengabdi di desa minimal lima tahun. Selain itu, calon sekdes harus mampu mengemban tugas, bertanggung jawab, dan wajib membantu tugas kepala desa. “Untuk mengisi jabatan sekdes itu, pemerintah desa bisa melakukan penjaringan dengan mengumumkan secara terbuka,” ungkapnya.

Dengan ditariknya empat sekdes itu, masih kata dia, seluruh sekdes di sembilan desa di Kecamatan Cluring tidak ada yang berstatus ASN. Sebab, semua sudah ditarik ke kantor kecamatan, pensiun, dan meninggal. “Diharapkan kinerja sekdes di desa dapat maksimal, dan bisa melayani masyarakat dengan baik,” pungkasnya.

Baca :  Resmikan Pabrik Gula di Bombana, Jokowi: Keberanian Membuka Sebuah Investasi dan Usaha

( Erick / Red )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *