Kontrak Politik Paslon 01 Yuris Dengan Ulama Di Banyuwangi, Presiden LBH Nusantara Minta Bawaslu Tegas !

Banyuwangi, Sinaralampos.com –
MH. Imam Ghozali, SH. Presiden LBH Nusantara meminta Paslon (Pasangan Calon) Yusuf Widyatmoko – Muhamad Riza Azizi (Yuriz) agar didiskwalifikasi dalam kontestasi Pilkada Pemilihan Bupati Banyuwangi.

Pernyataan tersebut disampaikan menyusul ramainya kabar tersebarnya kontrak politik di media sosial antara Paslon 01 dengan sejumlah ulama di Banyuwangi,02 Desember 2020.

” Menurut saya ini tidak benar, janganlah ulama diseret seret ke politik praktis. Karena itu sangat menciderai ulama,”Katanya.

Dalam kejadian ini, Ghozali mengungkapkan, para ulama jangan sampai dibenturkan dengan masyarakat dalam masalah Pilkada. Cabub harus bisa berfikir dewasa, janganlah melibatkan para ulama ke ranah politik.

” Kami mohon janganlah ulama ini dibawa kedalam arus politik. Apalagi pakai kontrak politik segala,” Ucap Ghozali.

Ghozali menegaskan, Peraturan KPU RI no.4 Tahun 2017 perihal kampanye, Pasal 71 ayat 1 berbunyi ‘Partai politik atau gabungan partai politik, pasangan calon dan/atau tim kampanye dilarang menjanjikan dan/ atau memberikan uang ataupun materi lainnya untuk mempengaruhi pemilih’. Kemudian berdasarkan Pasal 78 ayat 1 berbunyi “Partai politik atau gabungan partai politik, pasangan calon dan/atau tim kampanye yang terbukti melakukan pelanggaran sebagaimana dimaksud dalam Pasal 71 maka bisa dikenai sanksi pembatalan sebagai paslon.

“ jadi Analisa kami yang telah dilakukan oleh Paslon 01 dengan melakukan kontrak politik tidak ubah nya politik uang ini bertentangan dengan aturan atau Peraturan KPU RI no.4 Tahun 2017 diatas,”Tegasnya.

Kejadian tersebut,Ghozali sapaan akrabnya meminta kepada Banwaslu Kabupaten Banyuwangi agar bekerja lebih proaktif.

” Kami harap Bawaslu atau yang berwenang menangani pelanggaran tentang pemilu supaya bekerja lebih pro aktif harus ditindak tegas jika terjadi pelanggaran Pemilu yang dilakukan oleh Paslon,”Tukas Gozali.

Pelanggaran yang dilaakukan paslon 01 Yusuf Widyatmoko – Muhamad Riza Azizi (Yuriz) menurut analisa yang kami lakukan merupakan pelanggaran berat dan sangat fatal pungkasnya. (yahya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *