Tinjau Seleksi, Menag: Saya Bangga Orang Indonesia Jadi Imam di Luar Negeri

Sinaralampos.com| JAKARTA – Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam (Ditjen Bimas Islam) Kementerian Agama menggelar Seleksi Calon Imam Luar Negeri, di Jakarta. Menteri Agama Fachrul Razi yang meninjau proses seleksi tersebut mengaku bangga menyaksikan minat para penghafal Al-Qur’an asal Indonesia yang antusias mengikuti seleksi tersebut.

Ia pun berkisah tentang pengalamannya berkunjung ke UEA. “Semenjak menjadi Menteri Agama, saya sudah dua kali ke Uni Emirat Arab, pengalaman shalat di masjid. Pertama, menjadi makmum sholat subuh yang imamnya orang Indonesia,” kata Menag, Senin (09/11).

“Dan kedua, saya mengundang imam yang ada di Dubai. Kesannya, saya sangat bangga. Orang Indonesia imamnya, dan makmumnya orang Arab,” cerita Menag dihadapan 205 penghafal Al-Qur’an (Hafiz) peserta seleksi calon imam yang akan bertugas di Uni Emirat Arab (UEA).

Disampaikan Menag, hubungan negara Indonesia dan UEA selama ini cukup baik. UEA, menurut Menag, merupakan contoh salah satu negara yang mengembangkan toleransi. “Kiranya, semua peserta nanti yang lulus ke UEA, bisa juga menjaga nilai-nilai ke-Indonesiaan yang kita miliki,” tambah Menag.

Menag juga bercerita, di negara UEA adalah sangat jarang ditemui orang berlama-lama berada di masjid, terkecuali saat salat berjemaah.

“Khasnya di sana, jarang orang berlama-lama di masjid, namun saat salat tiba baru ramai,” kata Menag.

 

(Catur/Red/Sap)

Baca :  Penyelenggaraan Umrah Tunggu Dibukanya Penerbangan dan Protokol Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *