Rumah Sorgum Lamongan Jawa Timur

Sinaralampos.com| LAMONGAN – Sorgum merupakan salah satu komoditi pertanian yang ada di Kabupaten Lamongan Jawa Timur. Potensi ini dikembangkan dengan memfasilitasi adanya Rumah Sorgum.

Rumah Sorgum Adalah sebuah Tempat mengelola sorgum mulai dari biji sampai menjadi olahan pangan siap saji.

Rumah sorgum juga bertindak sebagai media menyalurkan hasil olahan berbasis sorghum dari UMKM-UMKM setempat (sekitar Babat).

Rumah sorgum ada karena Babat yang sudah dikenal sebagai wilayah dengan komoditas Sorgum ternyata belum mempunyai sebuah wadah dan juga tempat dalam mengelola hasil produksinya.

Kecamatan Babat secara luasan mempunyai potensi tanam Sorgum seluas 300 Hektar, dengan produktivitas rata-rata 6,5 ton per hektar maka rata-rata dihasilkan produksi sebesar 1.950 Ton biji sorgum.

Dengan hasil tersebut maka sangat dibutuhkan tempat untuk menampung khususnya olahan sorgum sebagai sarana promosi dan juga showroom sorgum sebagai komoditas tanaman pangan khas Kabupaten Lamongan.

Produk yang dihasilkan adalah olahan pangan bebahan sorgum di antaranya adalah supergum(extrudat sorgum), Energum (minuman sereal), beras sorgum, tepung sorgum, madu mongso sorgum, pop sorgum, kemplang sorgum, cookies, nugget sorgum dan kue basah serta cake yang semua nya juga berbahan dasar sorgum.

Hasil yang cukup beragam itulah yang membuat peran Rumah Sorgum menjadi sangat penting. Permintaan pasar terhadap olahan sorgum cenderung meningkat, hal ini karena olahan sorgum sudah menjadi alternatif makanan khas daerah Babat di samping wingko serta sudah menjadi pilihan oleh-oleh bagi wisatawan kabupaten Lamongan. (Ctr/AgusN/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *