SINAR ALAM POS

Manajer Aset yang Inovatif dan Kreatif Diperlukan untuk Aset Negara yang Produktif

Sinaralampos.com| JAKARTA – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan aset negara merupakan alat fiskal yang penting sebagai pendukung pemulihan ekonomi nasional. Pemerintah berharap penggunaan anggaran dipakai untuk pembangunan sarana, prasarana dan fasilitas umum yang tidak hanya berupa aset namun juga harus dapat dioptimalkan penggunaannya. Oleh karena itu, dibutuhkan asset manager / manajer aset yang memiliki ide inovatif, kreatif, kritik dan produktif agar aset optimal dan asetnya yang bekerja.

Hal tersebut disampaikannya pada acara Grand Final Kompetisi The Asset Manager 2020 yang diselenggarakan oleh Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) melalui video conference pada Selasa (24/11).

“Inilah pentingnya banyak sumber daya manusia yang harus diciptakan memiliki rasa, inovasi, dan motivasi dalam mengelola aset negara, sehingga memberikan manfaat, nilai tambah secara ekonomi maupun sosial, dan bekerja secara optimal,” tegasnya.

undefined

Disrupsi yang terjadi di masa pandemi banyak menciptakan kesempatan untuk berkreasi, berinovasi, dan berkolaborasi mengoptimalkan pengelolaan aset. Dalam era digital dimana segala sesuatu bisa di-share, economic of sharing menjadi disrupsi baru sehingga diharapkan pengelolaan aset, sikap kolaborasi bisa menciptakan sharing economy juga diharapkan menjadi sesuatu yang melandasi inovasi dari para asset manager.

“Dalam situasi covid tentu saya berharap inovasi akan muncul makin banyak kreativitas melihat berbagai kesempatan, melihat disrupsi yang terjadi kemudian memikirkan lagi bagaimana menciptakan kesempatan baru. Itulah yang saya harapkan para asset manager untuk terus melakukan berbagai inovasinya,” harap Menkeu.

Apabila suatu aset menjadi produktif, maka APBN akan sangat terbantu. Selain itu, juga membantu ekonomi bergerak dan tidak hanya masyarakat mendapatkan manfaat dari produktivitas, melainkan juga bisa memperoleh penerimaan negara bukan pajak (PNBP) dan ini akan memberikan bantuan yang luar biasa bagi keuangan negara.

Baca :  DPD RI Akan Tindaklanjuti Hasil Pemeriksaan BPK RI, Tata Kelola Keuangan Daerah yang Transparan dan Akuntabel Agar Selalu Diwujudkan

“Dengan kompetisi Asset Manager, diharapkan ide-ide tidak akan berhenti, kreativitas dan produktivitas semakin terpacu. Kita berharap asset manager dapat memiliki talent, skill dan juga sikap produktif yang akan sangat membantu Indonesia membangun dan terus mencapai cita-cita menjadi negara maju,” tutup Menkeu.

 

(Catur/Red/Sap)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *