Kemendikbud Harus Beradaptasi Lagi Dengan Anggaran Baru

Kemendikbud Harus Beradaptasi Lagi Dengan Anggaran Baru

Foto Ilustrasi

Sinaralampos.com| JAKARTA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI mendapat penyesuaian anggaran yang semula dalam pagu 2020 sebesar Rp75,702 triliun menjadi Rp70,718 triliun. Dengan perubahan anggaran, tentu Kemendikbud harus beradaptasi kembali dengan pos anggaran baru.

Demikian mengemuka dalam rapat kerja Komisi X DPR RI dengan Mendikbud Nadiem Makarim, Senin (16/10). Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda yang memimpin rapat ini menginginkan agar Kemendikbud memberi penjelasan perubahan program kerja akibat perubahan anggaran dalam APBN 2020 tersebut. Ini juga bagian dari pengawasan yang dilakukan Komisi X DPR.

“Pagu defenitif anggaran tahun 2020 Kemendikbud RI mengalami perubahan dan penyesuaian. Pagu definitif tahun anggaran 2020 Kemendikbud RI semula Rp75,702 triliun. Setelah ada penyesuaian sebesar Rp4,984 triliun, maka menjadi Rp70,718 triliun. Terkait pemotongan anggaran yang signifikan ini, hampir pasti Kemendikbud RI harus beradaptasi dengan perubahan anggaran,” ungkap Syaiful.

Pada bagian lain, Syaiful juga mengapresiasi Kemendikbud yang telah melakukan pengadaan kuota pembelajaran jarak jauh (PJJ) dan tunjangan khusus guru yang menjadi bagian dari relaksasi selama pandemi Covid-19. Selain itu ada juga program beasiswa unggulan untuk 200 orang dan bantuan siswa untuk 135 orang.

Politisi Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB) ini menyerukan agar ke depan Kemendikbud RI melaksanakan kebijakan pendidikan sesuai Peta Jalan Pendidikan yang sudah disusun. “Pembangunan pendidikan dibangun berdasarkan peta jalan pendidikan nasional. Ini bagian dari komitmen kami di Komisi X,” katanya.

 

(MaN/Red/Sap)

Baca :  14 Lembaga Pendidikan Lolos Penilaian Adiwiyata Kota Surabaya 2020

COMMENTS

Tentang Kami | Redaksi | Pedoman Media Siber | Disclaimer | Iklan